Data struktur & algoritma.
ALG&PEMOGRAMAN KASUS TEKNIK ELEKTRO
DATA STRUKTUR &ALGORITMA
DI SUSUN OLEH :
NAMA :RUSTANDI
KELAS :3IB02C
NPM :18416447
UNIVERSITAS GUNADARMA
TEKNIK ELEKTRO
2019
2019
1.ALGORITMA DAN
STRUKTUR DATA
Algoritma
Algoritma adalah Cara berfikir untuk menggambarkan
cara kerja sistem dengan menggunakan bahasa sehari harii.
Jenis - jenis Algoritma : Dskripsi dan Flowchart
Contoh - contoh bahasa pemrograman
- Visual Basic
- Pascal
- Java
- PHP
- Delphi
- Borland C++
Dalam pelajaran semester ini saya menggunakan bahasa
pemrograman Borland C++,, dalam borlan C++ Agoritma sangat penting sekali
karena dalam memasukan rumus rumusnya harus tepat dari input proses sampai
output.
A. Pengenalan
Tipe Data
Tipe Data Dasar
Tipe Data Tambahan
2. Decision
Flowchart
1. Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus
menggambarkan langkah-langkah
penyelesaian suatu
masalah, Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma. Ada 2
macam flowchart:
· System
flowchart Urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input,
output serta jenis penyimpanan dalam proses pengolahan data.
· Program
flowchart Urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk
memecahkan masalah dalam suatu program.
CONTOH PENGGUNAAN
LUAS DAN KELILING SEGITIGA SAMA SISI
Flowchart :
Simbol-simbol Flowchart
1. Flow Direction Symbols (simbol penghubung alur)
2. Processing Symbols (simbol proses)
3. Input-Output Symbols (simbol input-output)
Tabel Simbol-simbol Flowchart
Pembuatan Flowchart
1. Tidak ada kaidah
yang baku
2. Flowchart = gambaran
hasil analisa suatu masalah
3. Flowchart dapat
bervariasi antara satu pemrograman dengan pemrograman lainnya.
4. Secara garis besar
ada 3 bagian utama:
· Input
· Proses
· Output
5. Hindari pengulangan
yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi
singkat
6. Jalannnya proses
digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
7. Sebuah Flowchart diawali
dari satu titik START dan diakhiri dengan End.
3. Looping
Looping adalah proses yang dilakukan secara berulang
ulang sampai batas yang ditentukan.
Contoh Looping dalam
program tampil nama :
//program tampil nama//
#include
<conio.h>
#include <iostream.h>
Void main ()
{
int i,j ;
char nama [10];
cout<<"Masukkan
nama anda: ";
cin>>nama ;
cout<<"Muncul
sejumlah: ";
cin>>j;
for (i=1;i<=j;i++)
{
cout<<i<<".
"<<nama<<" \n";
}
getch();
}
4. ARRAY
Array adalah sekelompok
variabelyang memiliki tipe data yang sama.
Contoh Program Array
#include
<conio.h>
#include
<iostream.h>
void main ()
{
int n [3];
int i ;
for (i=0;i<3;i++)
{
cout<<"n-"<<i<<"
: ";
cin>>n[i] ;
}
getch();
}
5. VOID
Void disebut juga
dengan fungsi atau procedure
Contoh Void Luas Persegi Panjang
//program void lpp//
#include
<iostream>
#include <conio>
void jumlah (int a ,
int b)
{
int hasil ;
hasil = a+b;
cout<<a<<"+"<<b<<"=
"<<hasil<<"\n";
}
void kurang (int a ,
int b)
{
int hasil ;
hasil = a-b;
cout<<a<<"-"<<b<<"=
"<<hasil<<"\n";
}
void kali (int a , int
b)
{
int hasil ;
hasil = a*b;
cout<<a<<"*"<<b<<"=
"<<hasil<<"\n";
}
void bagi (int a , int
b)
{
float hasil ;
hasil = a/b;
cout<<a<<"/"<<b<<"=
"<<hasil<<"\n";
}
main ()
{
jumlah (3,2) ;
kurang (3,2) ;
kali (3,2) ;
bagi (9,3) ;
getch ();
}
KESIMPULAN:
Dalam menyusun program
aplikasi pada sebuah hardware mikroprosesor, seharusnya diawali dengan
penyusunan algoritma.
Sebuah program aplikasi
merupakan cara menyusun berbagai instruksi-instruksi berdasarkan urutan logika
tertentu untuk memenuhi kebutuhan.
Algoritma dapat
digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah, karena untuk membangun sebuah
program aplikasi diperlukan sebuah bahasa pemrograman yang disebut dengan
bahasa assembly, melalui bahasa ini instruksi disusun dalam urutan sekuensial
mengikuti tata aturan dan konsep yang terstruktur.
Konsep algoritma
pemrograman dapat dituangkan dalam bentuk diagram alir (flowchart).
VIDEO SINGKAT
SUMBER REFERENSI
Komentar
Posting Komentar