proposal flood sensor




EKONOMI TEKNIK

PROPOSAL
FLOOD SENSOR


DI SUSUN OLEH :
      NAMA     :RUSTANDI
           KELAS    :3IB02C             
 NPM        :18416447

UNIVERSITAS GUNADARMA
TEKNIK ELEKTRO
 2019






                                                                                                                            Alfamidi RTM.kelapa dua  depok  cimanggis jawa barat kota depok
Cell                  : +6287728341562
Email       : tandir400@gmail.com
 

 


 

 


 








PEMBUATAN ALAT

FLOOD SENSOR














JAKARTA
2019

I.   PENDAHULUAN

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat telah membawa dampak yang cukup besar terhadap kehidupam manusia untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu pengetahuannya. Dalam teknologi elektronika dan komputer, efektifitas dan efisiensi selalu menjadi acuan agar setiap langkah dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal baik dalam kualitas maupun kuantitasnya. Agar dapat mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah alat, komponen atau sistem yang dapat memproses suatu data dengan cepat dan akurat. Seiring dengan majunya pola fikir dari sumber daya manusia sehingga benar-benar dapat mengeluarkan ide dan pikiran kreatifnya untuk menciptakan berbagai macam perangkat kebutuhan manusia yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia
k
Visi
§  Agar Dapat Membantu Masyarakat Untuk Mendeteksi Apa bila terjadinya Banjir
Misi
§  Menambah pengetahuaan dan wawasan tentang dunia elektronika
§  Bisa diterapkan dalam aplikasi nyata sehingga dapat membantu kepentingan umum


II.  PROFIL ALAT YANG AKAN DI BUAT
Nama Alat
          FLOD SENSOR
Banjir bagaikan masalah yang tiada habisnya, memang terjadinya banjir merupakan akumulasi dari sekian banyak perbuatan manusia yang tidak bersahabat dengan alam. Kesadaran dan kepedulian yang kurang semakin memperparah keadaan, berbagai kegiatan yang merusak lingkungan terus dilakukan karena kurangnya kesadaran, juga kepeduliannya terhadap lingkungan yang begitu kurang menyebabkan banyaknya sampah yang menumpuk disungai. Maka dari itu banjir akan terus menghantui kehidupan, apalagi bila kita tidak mengetahui kapan banjir itu akan datang yang sering kali terjadi secara tiba-tiba.
            Untuk itu kami akan merancang sebuah flood detector atau pendeteksi banjir yang akan memberi kode-kode tertentu apabila ada kemungkinan akan terjadi bencana banjir. Meskipun banjir akan terus datang, dengan mengetahui kapan akan terjadinya banjir, kita bisa mengantisipasi kedatangan banjir tersebut dengan melakukan berbagai kegiatan pengevakuasian dan penyalamatan benda-benda berharga sehinggga kerugian pun bisa dikurangi seminimal mungkin.
            Pembuatan flood detector ini menggunakan ic mikrokontrioler, led, buzzer, kapasitor, resistor, dan xtal yang disusun sehinggaa terangkai menjadi sebuah flood detector yang sederhana. Pada pengaplikasianya alat ini bisa dipasang pada tiap-tiap pintu air, untuk mempermudah mengetahui sudah setinggi apa air itu, tanpa melakukan pengecekan langsung ke lokasi. Dengan mengetahui lebih cepat maka petugas pintu air bisa memberitahu lebih cepat petugas pintu air di hilir unttuk menginformasikannya kepada masyarakat

flow chart flood sensor




flood sensor  level meter ini sangatlah mudah dan sangat membantu. Pada saat ketinggian ataupun volume air naik, maka secara otomatis bandul yang terbuat dari magnet pada alat water level akan ikut terangkat juga, dan saat magnet berada pada level sensor berikutnya maka sensor akan aktif dan memberikan pertanda seperti lampu, alarm, dan semacamnya.
Selain itu, water level meter juga dilengkapi dengan sistem kontrol yang dapat secara otomatis mendeteksi kedalaman, volume, aliran air, dan semacamnya dengan tingkat akurasi yang tinggi. Sehingga jika ada peningkatan air yang signifikan atau tinggi maka alat ini akan langsung mengirimkan sinyal digital melalui jaringan wifi ke operator pemantau dalam bentuk data yang sudah dapat dibaca dengan mudah.
Pembuat
1.    Rustandi
2.    Agung deva
3.    Hascaryo fajar

Alamat
Jl. Lebak Rt/Rw.006/009
Alfamidi RTM.kelapa  dua  depok  cimanggis jawa barat kota depok
Phone         : 0877-2834-1562
Email           : tandri400@gmail.com
I. RINGKASAN EKSEKUTIF
Pembuatan flood detector ini menggunakan ic mikrokontrioler, led, buzzer, kapasitor, resistor, dan xtal yang disusun sehinggaa terangkai menjadi sebuah flood detector yang sederhana. Pada pengaplikasianya alat ini bisa dipasang pada tiap-tiap pintu air, untuk mempermudah mengetahui sudah setinggi apa air itu, tanpa melakukan pengecekan langsung ke lokasi. Dengan mengetahui lebih cepat maka petugas pintu air bisa memberitahu lebih cepat petugas pintu air di hilir unttuk menginformasikannya kepada masyarakat.

TUJUAN

.Mengetahui cara pembuatan dan juga cara kerja dari alat flood detector
.Menambah pengetahuaan dan wawasan tentang dunia elektronika
.Bisa diterapkan dalam aplikasi nyata sehingga dapat membantu kepentingan umum

Tujuan jangka pendek:
Kami akan membuat produk flood sensor ini guna membantu daerah-daerah yang rawan banjir.
Jangka Panjang:
Kami akan terus berinovasi guna menjawab tantangan zaman dan juga akan mengenmbangakan flood sensor ini.

Produk
Flood sensor ini bisa di gunakan buat mendeteksi banjir dan juga bisa di gunakan sebagai alat pendeteksi towren penampung air di rumah kita.
Deskripsi Produk

·         Pendeteksi banjir
·         Pendeteksi air
Analisis Pasar
Baru baru ini sering terjadi adanya adanya banjir di kota-kota dan sering adanya korban jiwa dengan di buat produk ini kami ingin membantu mengurangi korban jiwa dan kami akan menjual produk ini dengan harga murah.dan kami yakin dengan adanya produk ini di pasaran akan dapat membantu masyarakat karna produk ini bukan hanya pendekteksi banjir saja tapi juga sebagai pendeteksi air pada towren.
Strategi Pemasaran
Kami akan menjual produk kami secara online dan offline(ditempat)
Organisasi
 kami terdiri dari tiga orang yang masing-masing mempunyai tugasnya masing masing
n  Designer rangkain
n  Pembuatan alat
n  Programmer
Estimasi Biaya
1.IC  AT89C51
   RP.22.000
2.XTAL(CRYSTAL)12MHz

RP.4000
3. KAPASITOR POLAR&NONPOLAR
NONPOLAR(2buah)3pf  RP.2000
POLAR 10 uf .RP.1000

4 TRANSISTOR NPN

RP.1000

5 SENSOR AIR(2)

RP.15.000(2BUAH) RP 30.000

6.BUTTON(3buah)

RP.500(total RP,1.500

7 TULANG IKAN

RP.3000

8.BLACK HAUSING

RP.5000

9 .RESISTOR 2 BUAH 1K

RP.500(1000)

10.DIODA

 RP.500

11.KABEL PELANGI 1 M

 RP.5000


12.RELAY 12V

RP.8000











13.POMPA AIR 12V

RP.85.000

14 LED

RP.200
15.PC 2BUAH
RP. (buah 14.000)total rp.28.000

TOTOAL HARGA:RP.192.500

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA

nyatanya pesan di read daong itu menyakitkan jendral